Profil

Sejarah Singkat Sekolah

UPTD SMP Negeri 2 Metro pada awalnya merupakan sekolah filial dari SMP Negeri 1 Metro yang menjadi sekolah negeri difinitif dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  RI Nomor :0364/O/1977, tanggal 25Agustus 1977. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah unggulan masyarakat Kota Metro.

Secara geografis UPTD SMP Negeri 2 Metro terletak di perbatasan dengan Kabupaten Lampung Timur. Kondisi seperti ini memberikan peluang bagi  siswa lulusan SD untuk berkompetisi masuk menjadi siswa UPTD SMP Negeri 2 Metro.

Secara demografis, mata pencaharian orang tua/wali siswa sangat heterogen, diantaranya berprofesi sebagai pegawai/pejabat pemerintah (PNS), pegawai swasta, wirausahawan, petani, pedagang, buruh,  tukang becak, dan buruh kasar lainnya. Hal ini berimplikasi pada tingkat penghasilan yang membawa keberagaman tingkat sosial ekonomi mereka.

Keadaan sosial ekonomi masyarakat tersebut berdampak pada mendukung orang tua terhadap program-program sekolah, apalagi pemerintah daerah adanya pendidikan gratis. Sementara itu pemerintah daerah belum merespon adanya anggaran pendidikan 20% dari APBN maupun APBD I dan APBD II, sehingga banyak sekolah yang tidak dapat berkembang sesuai dengan yang diharapkan.

Pada tahun 2007 UPTD SMP Negeri 2 Metroterverifikasi menjadi penyelenggara Rintisan Sekolah Standar Nasional (SSN)berdasarkan Surat Keputusan Direktur Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Nasional Nomor: 818a/C3/KEP/2007, tanggal 24 April 2007, hal ini   memberikan motivasi dan semangat baru  bagi seluruh warga sekolah untuk lebih giat lagi dalam upaya meningkatkan mutu, inovasi pembelajaran, dan prestasi sekolah.